Installasi Grafana dan Setting Alerting via Telegram



 Grafana adalah analitik sumber terbuka multi-platform dan aplikasi web visualisasi interaktif . Ini menyediakan bagan, grafik, dan peringatan untuk web ketika terhubung ke sumber data yang didukung, versi Grafana Enterprise dengan kemampuan tambahan juga tersedia  . Ini dapat diperluas melalui sistem plug-in . Pengguna akhir dapat membuat dasbor pemantauan yang kompleks menggunakan pembuat kueri interaktif. Sebagai alat visualisasi, Grafana adalah komponen populer dalam tumpukan

 pemantauan, sering digunakan dalam kombinasi dengan database deret waktu seperti InfluxDB , Prometheus dan Grafit ; platform pemantauan seperti Sensu,  Icinga , Checkmk  , Zabbix , Netdata , dan PRTG ; SIEM seperti Elasticsearch dan Splunk ; dan sumber data lainnya. 

Untuk Installasi Grafana dan setting Alerting via Telegram akan kami jelaskan dibawah ini, berikut adalah langkah untuk Installasi Grafana dan setting Alerting via Telegram  :

1. Install Grafana

Ketikan perintah pada terminal linux :

Aktifkan grafana-server.


 A. Nonaktifkan Registrasi dan Akses Anonim

Buka file konfigurasi Grafana.

Cari allow_sign_up di bawah [users], hapus tanda ; lalu isi nilainya menjadi false.

Cari enabled di bawah [auth.anonymous], hapus tanda ; lalu isi nilainya menjadi false.

Restart grafana-server.


B. Update User dan Password

Browse http://SERVER-IP:3000, login dengan user = admin dan password = admin. Setelah berhasil login, akan diminta untuk mengubah password admin.


Change password


C.Menambahkan Data Source

Sebelumnya di server ini telah diinstall Prometheus. Data dari Prometheus tersebut yang akan divisualisasikan atau ditampilkan di Grafana.

Klik Add data source.
Klik Select pada Prometheus.
URL masukkan http://SERVER-IP:9090 (Prometheus server)
Klik Save & Test.

D. Membuat Dashboard

Selanjutnya membuat Dashboard sekaligus membuat satu panel untuk status server apakah Up atau Down.

Klik menu + Create -> Dashboard.
Klik Choose Visualization.
Klik Singlestat
Pada Value Mappings, tambahkan Set value mappings, 1 -> UP dan 0 -> DOWN.
Klik Queries, pada Query pilih data source Prometheus.
Pada Metrics masukkan up{instance=”NODE-EXPORTER-IP:9100″,job=”node_exporter”}.
Klik General, pada Title isi judul panel Status.
Klik Save
Masukkan Dashboard nameSave.

E.Tambah Panel

Menambah panel baru untuk memantau sumber daya lainnya, misalkan untuk memantai pemakaian CPU.

Klik Add Panel.
Klik Choose Visualization.
Klik Graph.
Pada AxesUnit percent (0-100).
Pada LegendAs Table = onCurrent = on.
Klik QueriesQueury pilih data source Prometheus.
Pada Metrics, masukkan 100 – (avg by (instance) (irate(node_cpu_seconds_total{instance=”NODE-EXPORTER-IP:9100″,job=”node_exporter”,mode=”idle”}[5m])) * 100).
Klik GeneralTitle masukkan CPU Used.
Klik Save.
ESC.


Untuk Desain dasboard yang lebih bagus caranya import dasboard melalui menu import pada tanda + dibagian menu utama kemudian copy id atau url dasboard yang sesuai. berikut tampilannya :


klik save maka tampilan akhir seperti ini :



2. Alerting 

Kemudian langkah selanjutnya membuat alert ketika memori atau cpu melebihi batas maka system akan meneruskan ke alert yang di setting. Untuk pembuatan alert disini menggunakan telegram sebagai media penerimannya. 

Pastikan memiliki telegram yang aktif, lalu tambahkan pada menu new chanel cari nama botFather pada telegram untuk menambahkan bot , ketik pada pesan botFather seperti berikut: 
  •  /start 
  • /newbot 
  • namabot




Setelah mendapatkan namabot copy link HTTP API hasil bot tadi, kemudian paste pada link browser seperti berikut : https://api.telegram.org/bot%3Ctoken%3E/method_name



Tambahkan Chat member menggunakan nama bot yang telah dibuat kemudian simulasikan chat untuk mendapaktan Id number setelah mendapatkan id chat paste pada dasboard alert grafana.

Untuk menambahkan Alert pada grafana klik dasboard utama kemudian klik tanda lonceng / Alerting setelah itu isikan menu sperti beriut ini :



Untuk bot API token di isikan pada botFather yang telah dibuat dan chat id yang telah dibuat. klik send test maka akan mengirimkan alert ke telegram seperti berikut :



Sekian dari luxo system untuk sedikit ilmu Installasi Grafana dan setting Alerting via Telegram yang telah dicoba semoga bermanfaat bagi kalian semua .

Komentar