Konfigurasi Active Directory Domain Services (ADDS) & Join Domain

 Konfigurasi Active Directory Domain Services  (ADDS)

Active Directory Domain Services (ADDS) adalah sebuah layanan untuk mengelola pengaturan, hak akses, dan security pada pengguna atau jaringan komputer di sebuah perusahaan. 

ADDS mampu mengatur komunikasi user dan domain yang meliputi proses user logon, autentikasi, dan directory searches. Untuk menjalankan ADDS, diperlukan Domain Controller.


Berikut ini adalah langkah – langkah untuk installasi ADDS pada windows server 2012 :

  1. Klik pada menu windows kemudian pilih “Server Manager” , kemudian klik pada menu “Manage” pilih opsi “Add Roles and Features”.






  1. Muncul tampilan “Add Roles and Features Wizard” pada bagian “Before you begin” merupakan tampilan awal untuk memulai installasi, dan untuk melanjutkan centang opsi “skip this page by default” kemudian klik next.




  1. Pada tahap “Installastion Type” ada 2 pilihan yaitu Roles-based or feature-based installation dan Remote Desktop Service Installation. Klik  pada Roles-based or feature-based installation kemudian Klik next. 





  1.      Kemudian pada menu Select destination server dan pada tahap “Server Selection” pilih “Select a server from the server pool” Lalu klik next untuk melanjutkan. 






  1. Pada menu “Server Roles” pilih dan centang pada Active Directory Domain Services. Klik next untuk melanjutkan installasi. 


C:\Users\VPC-BACKUP\Downloads\Ancer\SO\AD DS\3.PNG


  1. Kemudian centang DNS Server maka muncul pop up Add Roles and Features Wizard, klik Add Features.  





  1. Kemudian di tahap Select Features default centang “Group Policy Management” lalu  klik next jika tidak ada tambahan fitur lain. 




  1. Pada menu “AD DS” langsung next untuk masuk ke tahap “Confirmation” centang restart the destination server automatically if required maka muncul pop up  seperti gambar di bawah ini, lalu klik yes. 


  1. Pada menu Result, adalah proses instalasi sedang berjalan tunggu beberapa saat jika sudah selesai klik close. 




  1. Setelah proses installasi selesai, klik icon bendera pada kanan atas untuk memulai konfigurasi DNS, dan klik promote this server to a domain controller. 


  1. Isikan nama pada root domain name sesuai domain yang diinginkan. Lalu next



  1. Kemudian isikan password dan confirm password, kemudian next.


  1. Di tahap DNS option langsung klik next





  1. Pada tahap Additional Options secara otomatis akan mengisi nama domain NetBios, lalu klik next.




  1. Kemudian pada tahap Paths secara default dan langsung klik next.




  1. Pada tampilan Review Options merupakan pengecekan configurasi sebelumnya yang sudah dilakukan. Jika sudah yakin klik next. 




  1. Di tahap Prerequisites Check, tunggu beberapa saat karena sedang mengecek system, jika centang hijau seperti dibawah ini, maka proses instalasi siap untuk dilakukan. Klik install.  




  1. Setelah selesai install maka secara otomatis system akan restart dengan tampilan seperti dibawah ini :


  1. Langkah selanjutnya adalah membuat domain, dengan cara menekan tools pada taskbar atas lalu pilih DNS



  1. Masuk ke directory  (domain yang telah dibuat) yang berada di DNS>>Server anda>>Forward lookup zones>>domains klik kanan dan tambahkan host baru.

  1. Isikan nama host baru dan tambahkan ip untuk client, dengan catatan IP harus satu jaringan dengan server. Klik Add host. 


  1. Host name telah berhasil dibuat. Kemudan klik OK



Join domain untuk server Exchange


Sebelum melakukan join domain pastikan cek ip dan saat di ping berhasil, untuk langkah – langkah join domain adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke windows start dengan klik kanan pilih system, kemudian klik change settings isikan computer description dan klik change isikan nama untuk computer sesuai keingginan.   Klik domain dan isikan nama domain yang telah dibuat kemudian klik OK.



  1. Isikan user name dan password yang telah dibuat kemudian klik OK.

  1. Domain telah berhasil dibuat lalu klik ok.

  1. Klik ok dan merestart computer.

  1. Berikut ini adalah tampilan yang sudah berhasil join domain.



Sekian dari Luxosystem, semoga bermanfaat bagi anda yang telah membaca. 






Komentar